VPL (VISUAL PROGRAMMING LANGUAGE)
Khatirudin Ma’arif 1), Victor
Murty N.R 2)
11.11.2536 1), 11.11.2556
2)
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto1),2)
Abstract
Visual
Programming Language is an advanced development programing in programming world
, this makes programming more easier than making a program manually with
standard programming system, with this VPL (visual Programming Language) you
dont need to worry about how to code this vpl is easy to use you dont need to
worry to inputing numerical character or somecomplicated programming language
vpl come with visual language and it contains with picture programming
(visually) it makes user can enjoy rpograming and make them fun to learn
programming. In this paper we use to make game with “kodu Game Lab” engine this
engine/programs is based on VPL category. We made a simple game with kodu game
lab , and we called our game “si KREAM” . for more specific detail we
summarized that in this paper.
Keyword : Visual Programming Language
(VPL), Kodu Game Lab, Programming
Abstrak
Visual Programing Language ( VPL ) merupakan perkembangan
dalam dunia pemrograman yang tadinya menggunakan koding yang sangat panjang
sekarang dengan adanya VPL ( Visual Programing Language ) diringkas dengan
program-program yang berbentuk gambar atau visual sehingga memudahkan untuk
penggunanya dan pengguna merasa tidak bosan untuk belajar tentang pemrograman.
Dalam makalah yang kami buat ini menggunakan “Kodu Game Lab” yang merupaka
salah satu software berbasis VPL, dengan Kodu Game Lab kami membuat game
sederhana yang kami beri judul “Si KREAM”. Untuk lebih jelasnya kami rangkum di
pembahasan.
Kata Kunci
: Visual Programing Language (VPL), Kodu Game Lab, Pemrograman
Pendahuluan
Visual Progaming Language atau
yang biasa dikenal oleh sebagian orang VPL merupakan pengembangan aplikasi yang dirancang pada
model pemrograman berbasis dataflow grafis yang merupakan serangkaian perintah
imperatif berurutan dieksekusi.
Akibatnya VPL cocok untuk
pemrograman berbagai skenario pemrosesan konkuren ataudidistribusikan.
VPL ditargetkan untuk programmer pemula dengan pemahaman dasar tentang konsep-konsep seperti variabel dan logika.
VPL ditargetkan untuk programmer pemula dengan pemahaman dasar tentang konsep-konsep seperti variabel dan logika.
Kodu Game Lab merupakan salah
satu Software yang berbasis Visual programing Language ( VPL ) yang kelompok
kami gunakan untuk membuat game sederhana yang telah kelompok kami sebutkan di
dalam Abstrack. Selain itu Game yang dibuat dengan Kodu Game Lab juga dapat
dimainkan menggunakan Xbox. Sehingga Kodu dapat memberikan kemampuan bagi
pemainnya untuk menciptakan game yang beraneka ragam dengan menggunakan tool
programing yang berbasis gambar
yang menarik dan simpel.
Berikut ini merupakan Gambar
tampilan utama pada software Kodu Game Lab :
Gb1. Tampilan Awal Kodu Game Lab
Untuk game yang kelompok kami
buat kami beri judul “Si KREAM”.
Adapun awal mula nama Game Si
KREAM tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari Kreasi Game. Karena dengan
menggunakan Pemrograman yang semakin maju yaitu dengan adanya software yang
berbasis VPL sehingga pengguna semakin mudah untuk berkreasi di dalam game atau
yang lainnya.
Untuk Software yang berbasis VPL
tidak hanya Kodu Game Lab, masih banyak yang lainnya diantaranta Construct 2,
GM dan masih banyak lainnya.
Tinjauan Pustaka
Visual
Programming Langage atau yang biasa disebut dengan VPL
merupakan penngembangan
aplikasi yang dirancang pada model pemrograman berbasis dataflow grafis yang
merupakan serangkaian perintah imperatif berurutan saat dieksekusinya.
Dengan adanya
Visual Programming Language sangat membantu bagi programmer-programmer pemula
atau bagi orang yang ingin membuat game tetapi tidak ingin menggunakan
program-program yang rumit.
Metode Penelitian
Untuk Metode
penelitian yang kelompok kami gunakan untuk membuat aplikasi yang berbasis VPL
itu sangat singkat sekali karena hanya mulai dari menganalisa software yang
berbasis VPL yang dianggap mudah dan nyaman digunakan, selanjutnya melihat
tutorial, download aplikasi Kodu Game Lab.
Jika
digambarkan dalam bagan sebagai berikut :
Hasil dan Pembahasan
Dalam pembahasan ini akan kami
jelaskan mengenai Apa itu VPL, apa itu Kodu Game Lab dan tentang game yang
kelompok kami buat, kelebihan dan
kekurangan menggunakan kodu dan game yang kami buat serta kemudahan dalam menggunakan
software berbasis VPL. Untuk lebih jelasnya lihat pembahasan dibawah ini.
1.
Tentang VPL
Microsoft
Visual Programming Language (VPL) adalah sebuah lingkungan pengembangan
aplikasi yang dirancang pada model pemrograman berbasis dataflow grafis, yang
merupakan serangkaian perintah imperatif berurutan dieksekusi,
Program
dataflow lebih seperti serangkaian pekerja pada jalur perakitan, Sehingga
Visual Programming Language atau VPL
cocok untuk pemrograman berbagai skenario pemrosesan konkuren atau
didistribusikan.
VPL
sendiri ditargetkan untuk programmer yang sifatnya pemula dengan pemahaman
dasar tentang konsep-konsep seperti variabel dan logika. Namun, VPL tidak
terbatas pada pemula. Bahasa pemrograman dapat menarik lebih banyak programmer
canggih untuk prototyping cepat atau pengembangan kode. Akibatnya, VPL mungkin
menarik bagi khalayak luas pengguna termasuk mahasiswa, peminat / penggemar,
serta mungkin web developer dan programmer profesional.
2. Tentang Kodu Game Lab
Kodu Game Lab adalah sebuah
program yang berbasis VPL (Visual Programming Language) program ini dirancang
untuk mencakup semua kalangan dan dapat digunakan oleh anak-anak,untuk
menjalankan kodu game lab sendiri diperlukan controller xbox 360 tetapi user
juga bisa memakai keyboard dan mouse untuk pengoperasianya
3. Kemudahan dalam
Penggunaan
Kodu Game Lab merupakan software
yang berbasis VPL yang sangat digemari oleh sebagian orang karena dalam
penggunaannya tidak rumit seperti Software-software pemrograman yang lainnya.
Kodu Game Lab sangat mudah
digunakan karena coding yang digunakan berbentuk visual sehingga programmer
tidak merasa bosan dan jenuh.
Berikut ini merupakan contoh
Visual Programing Language dari Kodu
Game Lab yang kami gunakan:
Gambar 3. VPL pada Kodu Game Lab
1. Kelebihan dan Kekurangan
Kodu Game Lab
Kelebihan
:
-
Mudah dipahami oleh semua
penggunanya
-
Pengoperasiannya mudah
-
Dari segi grafis sudah bagus
-
Dapat digunakan dengan Controler Xbox
-
Spesifikasi Kodu Game Lab
tidak terlalu membebani PC atau Leptop.
Kekurangan
:
-
Model Karakter terbatas
-
Minimnya fitur
-
Tidak bisa mengimport model
karakter ataupun material
-
Tidak bisa dibuat file .exe
2. Tentang Game Si Kream
Game Si Kream merupakan game
sederhana yang kelompok kami buat yaitu tentang kodu yang memakan ikan. Tetapi
sebelum kodu memakan ikan itu banyak penghambatnya dijalan yang berupa
pohon-pohon yang harus dihancurkan karena menghalangi jalannya.
Adapun cara penghancuran
pohon-pohonnya yaitu dengan tembakan yang dimiliki oleh Si Kream tersebut.
Yaitu bisa menggunakan space dan bisa juga menggunakan mouse yaitu click kiri.
Setelah pohon-pohon hancur baru
Si Kream dapat dengan leluasa menuju ke kolam yang berisi banyak ikan yang bisa
dimakan oleh Si Kream.
Si Kream dapat memakan ikan-ikan
yang ada dikolam dengan menghampiri atau mengejar ikan-ikan yang berkeliaran
tanpa ada kontrol dari keyboard ataupun mouse.
Dan pada setiap Si Kream makan 1
ikan dapat 2 point yang nantinya apabila terkumpul sebanyak 10 Point Si Kream itu akan menang.
Pesan dari Game Si Kream yang
kami buat yaitu “Janganlah Putus Asa
dalam menghadapi segala rintangan yang
menghadang karena dibalik rintangan ada
berkah tersendiri”
Adapun yang dimaksud berkah
disini yaitu Si Kream mendapatkan Ikan yang banyak.
Itu Cerita singkat tentang Game
Si Kream yang kelompok kami buat.
Berikut ini merupakan gambar
rancangan Game Si Kream yang mengambil material Pohon, Ikan, Kodu dan Apel dll.
Gambar 4. Desain Game
Berikut ini merupakan Coding
dalam Kodu sehingga kodu dapat berjalan. Lebih Jelasnya lihat gambar dibawah
ini:
Gambar 5. Koding yang terdapat
dalam Kodu
Koding yang terdapat dalam ikan agar dapat berjalan keliling kolam
Gambar 6. Koding yang terdapat dalam karakter ikan
Jika ikan-ikan sudah dimakan maka
setiap ikan yang dimakan oleh kodu akan mendapatkan point 2 dan terkumpul di
pojok kanan atas.
Berikut ini merupakan gambar
pengumpulan point dari ikan yang telah dimakan
Gambar 7. Poin +2 setiap ikan yang dimakan
Setelah Lima ikan dimakan semua
dan point 10 maka akan muncul gambar sebagai berikut :
Gambar 8. Winner
1. Kelebihan dan Kekurangan
Game Si Kream
Kelebihan
:
-
Mudah untuk dijalankan atau
dioperasikan oleh pengguna
-
Simple
-
Tidak membuat PC atau Komputer
anda merasa berat
-
Minimal Hanya menggunakan
keyboard dapat dijalankan
Kekurangan
:
-
Perpaduan warna masih kurang
-
Belum ada tingkatan level
karena masih trial.
-
Tidak bisa mengimport karakter
dan material dari software lain.
-
Jumlah karakter dan objek yang
disediakan terbilang sedikit
-
Tidak bisa menggunakan sudut
pandang orang pertama (FPS)
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Dari makalah
diatas dapat kami simpulkan bahwasanya Software yang berbasis Visual
Pemrograman Language atau (VPL) sangat membantu bagi kalangan programer pemula.
Misalnya
Software Kodu Game Lab ini dari segi kodingnya sudah berbentuk gambar visual
yang memudahkan para pemakainya serta pemakai tidak merasa jenuh atau pusing
karena sudah berbentuk visual.
Selain itu
pada Kodu Game Lab juga sudah disediakan berbagai macam karakter sehingga
pemakai lebih mudah lagi tanpa harus membuat tiap karakter yang akan dipakai
didalam game tersebut.
Saran
Untuk
software yang berbasis Visual Programming Language atau VPL yang kelompok kami
gunakan ini masih ada beberapa kekurangan oleh sebab itu kami menyarankan agar
nantinya dapat dikembangkan lebih baik lagi. Adapun saran dari kami antara lain
sebagai berikut :
1.
Ditambah dengan fasilitas import agar
karakter-karakter yang belum ada di software bisa ditambah secara manual oleh
user atau pengguna.
2.
Sebaiknya Kodu Game Lab diberi fasilitas agar game-game yang sudah dibuat
bisa di simpan kedalam bentuk file *.exe
3.
Warna untuk karakter mungkin bisa
ditambah lagi agar lebih banyak dan lebih rame.
4.
Kodu Game Lab Dari Segi grapich
menurut kelompok kami sudah bagus
Biodata Penulis
Khatirudin Ma’arif, merupakan
mahasiswa, Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun
2011. Yang beralamat di Sidomulyo, Rt 02/05 Kecamatan
Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi
Jawa Tengah, Indonesia. Dan umur 19 tahun.
Victor Murty Nur R, merupakan
mahasiswa, Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun
2011. Tuliskan profil singkat anda disini.
Merupakan mahasiswa yang bertempat tinggal atau beralamat
di Jl Moch Besar Purwokerto Utara dengan umur 19 tahun.
kampret deneng fotone melu diupload
ReplyDelete♡(∩o∩)♡
ReplyDelete